You’ll never walk alone

Bagi anda pecinta sepakbola, mungkin anda tidak asing dengan kata – kata ini. Ya, kata – kata sederhana ini merupakan semacam “lagu kebangsaan” bagi para pendukung Liverpool. Kata – kata yang terlihat sederhana ini, ternyata tidaklah sesederhana yang kita pikirkan. “Kamu tidak akan pernah berjalan seorang diri” demikian arti dari kalimat tersebut dalam bahasa Indonesia.

Kita sebagai manusia, mahluk sosial, memang tidak pernah dapat berjalan seorang diri. Seberapa-pun hebat dan pintar-nya kita, ada saat – saat tertentu dimana kita memerlukan orang lain. Kita memerlukan orang lain untuk berbagi suka dan duka, untuk berbagi kisah dan lain – lainnya. Dengan ada-nya orang lain, kita menjadi bisa melihat dunia dalam sudut pandang yang berbeda, menghadapi dunia dari sisi yang berbeda dan melihat diri kita dari sudut pandang orang lain.

Saya yang pernah menghabiskan 4 tahun (2 SMP sampai 2 SMA) untuk terus menutup diri pun menyadari, bahwa hidup sendiri itu bukan hal yang mudah. Banyak hal yang menimbulkan ke-irian kita pada orang lain. Kesendiriaan membuatku kesulitan dalam berkomunikasi dengan orang – orang baru diluar “Zona Nyaman” yang telah lama saya nikmati. Kesulitan ini jelas merugikan saya ketika memasuki dunia yang baru dan lingkungan yang baru. Selain itu, kesendirian pun membuat kita kehilangan setiap hari, jam , menit bahkan detik kehidupan muda kita yang begitu berharga. Dan yang paling parah, kesendirian membuat kita kesulitan dalam berbagi tekanan hidup yang kita alami sehingga kita melarikan diri ke jalan yang lain, yang mungkin lebih suram dari yang telah kita alami sebelumnya.

You’ll never walk alone. Sekalipun demikian, kita patut bersyukur bahwa kita memiliki Tuhan Yang Maha Pengasih, karena Dia masih berkenan mengirimkan para malaikatnya dalam wujud sahabat untuk menghibur dan menguatkan kita. Jangan sia-siakan masa mudamu teman. Jangan juga lupakan sahabat – sahabatmu. Dan bantulah mereka yang memerlukan bantuan-mu. Perhatiaan sekecil apapun dapat memberikan dampak yang besar.

Thx for reading this!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s