Hobi dan awal mula nge-blog

Memiliki Hobi atau kegemaran, sangatlah membantu kita di kala bosan dan gundah. Salah satu hobi yang saya miliki adalah menulis blog. Kali ini, saya ingin berbagi bagaimana awal perjumpaan saya dengan dunia blog dan bagaimana blog telah memperkenalkan saya dengan dunia IT secara umumnya.

Waktu saya mau masuk SMA dulu (Juni 2007), perkembangan dunia IT dan social network khususnya barulah dimulai. Saat itu orang – orang belum banyak yang mempergunakan Facebook. Orang – orang masih mempergunakan Friendster dan Myspace. Email pun rata-rata masih mempergunakan Yahoo Mail. Sedikit yang mempergunakan Gmail, karena dulu Gmail hanya bisa dipergunakan bagi mereka yang mempunyai Undangan dari pengguna Gmail. Berbanding terbalik bukan dengan kondisi saat ini, dimana orang – orang lebih banyak mempergunakan Gmail mengingat kaitannya dengan Google Account untuk kebutuhan smartphone android pada khususnya.


Sampai hari ini, saya selalu merasa bersyukur dan beruntung memiliki guru – guru komputer seperti Pak Andi Bakhtiar Fransiska, Pak Fransiscus Judhia, Pak Rudi Suria, Pak Hengky Hgy, Pak Leslie Olievier dan Pak Stephanus Gabriel yang memperkenalkan dan mendampingi saya berinteraksi dengan dunia komputer. Maklum, saat itu komputer masih termasuk barang tersier yang tidak semua orang miliki.

Saat itu, saya sangat jatuh cinta dengan dunia jaringan komputer. Tak jarang di masa – masa periode transisi antara SMP – SMA, saya – Randy Tanudjaja dan Abraham Krisnanda banyak menghabiskan waktu di Lab Komputer SMPK 5 untuk mempelajari apache, phpmyadmin, Joomla dan lain – lain. (Ps. Nama Panggilan Zeus pun muncul dalam periode ini)
Selepas SMP pun, saya masih terus berinteraksi dengan dunia IT namun sedikit bergeser ke dunia blog. Di SMAK 3 saya banyak belajar cara “bermain” blog. Kok bisa? Awalnya karena saat itu blog SMAK 3 (http://smart-k3-bdg.blogspot.com) yang dikelola Sir Teguh Santoso jarang di update, maka saya pun berinisiatif membuat https://smak3-bdg.blogspot.com dengan meminta panduan dari Pak Stephanus Gabriel yang waktu itu menjabat sebagai HUMAS SMAK 3 BPK PENABUR Bandung.

Begitu senangnya bereksperimen dengan blog, saya pun membuat blog pribadi pula di https://zeusvarian.blogspot.com . Sambil menulis blog, belajar dan bermain, saya masih terus bereksperimen dengan dunia blog dengan cara mempelajari HTML dan CSS. Tak jarang saya memanfaatkan email untuk berkorespondensi dengan Pak Andi yang sudah pindah ke Banten saat itu, atau kadang berbincang sambil bermain dengan Randy Tanudjaja yang saat itu juga sudah berbeda SMA.
Kini keberadaan Blog sudah bergeser peranannya dengan kehadiran media online lain seperti Youtube dengan para Vlogger nya, Instagram dengan Post serta Story-nya atau bahkan melalui apps yang sedang nge-trend saat ini (TikTok). Namun bagi mereka yang sedang menulis, blog masih menjadi salah satu primadona selain Medium atau Wattpad (bagi mereka yang senang menulis cerita khususnya).

Bagi saya pribadi, menulis blog masih menjadi salah satu hobby dan hiburan tersendiri. Saya masih aktif “bermain” blog yang bisa dikunjungi di https://michaelvarian.id . Terimakasih kepada Kak Anoki Kiyoshi yang sudah mengajarkan caranya membuat domain dan Pak Ryan Anggasaputra yang banyak memberi masukan seputar blog selama periode kebersamaan kita di Erajaya.

Seperti yang saya sampaikan di awal, memiliki hobi akan sangat membantu khususnya di kala anda bosan atau moment tak terduga seperti Self Isolation yang sedang kita jalani saat ini.
Happy Blogging!

Catatan : Blog https://smak3-bdg.blogspot.com saat ini sudah tidak berfungsi, bagi anda yang ingin mengetahui Informasi dan perkembangan SMAK 3 BPK PENABUR Banudng, silahkan mengunjungi website resminya di smak3bpk.penabur.sch.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s