10 Oktober 2020 ; 28 tahun dan Hari Kesehatan Mental Dunia

10.10.2020 akan segera berakhir.

Tak terasa, hari ini usia saya memasuki 28 tahun. Tidak muda namun juga tidak terlalu tua untuk ukuran usia manusia (Pria) di Indonesia yang rata – rata berusia 69 tahun (Sumber : TribunNews).

Berbicara seputar 2020, tahun ini adalah tahun yang luarbiasa berat bagi sebagian besar dari kita. Pandemi CoVid-19 telah memukul perekonomian tidak hanya nasional namun juga global. Pandemi CoVid-19 juga memberikan kita batasan, untuk berinteraksi ; melepas penat ; atau bahkan sekedar bekumpul bersama dengan teman dan keluarga.

Bagi saya, 2020 adalah tahun penuh tanda tanya dan tanpa arah. Sebelum pandemi hadir, saya sedang berusaha untuk masuk ke dunia yang sepenuhnya baru ; tanpa bekal pendidikan formal & tanpa portofolio ; hanya bermodalkan internship 9 bulan plus kemauan belajar. Dan benar, tanpa CoVid sekalipun, sudah sulit rasanya memasuki dunia yang baru ini.

Pandemi menghadirkan tantangan bagi kita semua dan saya rasa saya merespond dengan sangat buruk dalam menghadapi tantangan ini. Satu – satunya lifeline dan ucapan syukur saya adalah bahwa saya masih memiliki dua orang tua yang tidak hanya mau membiayai namun juga menjadi teman hidup selama masa – masa PSBB. Suatu kesempatan yang saya lihat, saya dengar dan saya rasakan tidak bisa dimiliki oleh setiap orang.

Bicara pandemi dan 10.10, menjadi menarik bahwa ternyata setiap 10.10 dunia memperingati hari kesehatan mental. Menarik karena pandemi ini benar – benar menguji mental kita. Mulai dari rasa takut dan panik karena ketidakpastian seputar pandemi yang mendorong orang melakukan panic buying di awal pandemi, lalu masuk ke tahap menerima keadaan melalui adaptasi kehidupan, hingga berupaya menghadapi tantangan itu.

FaceTime dengan Three Musketeers
(Oktober 2020)

3 tahapan itu pasti pernah kita lalui dalam 10 bulan terakhir, dan kita bersyukur karena banyak orang disekitar kita yang membantu menjaga kesehatan mental kita dalam menghadapi pandemi ini. Terimakasih yang luar biasa untuk Randy dan Sheryl yang permainan rutin seminggu sekali menjadi penghiburan selama pandemi ini, terimakasih Braga dan Ferry yang rutin melakukan facetime, terimakasih Bang Dany – Adrian – Krisna dan Slamet yang selalu rutin menghadirkan pembahasan Bola (Salah satu wish tahun ini adalah semoga tim kita nggak makin terpuruk), terimakasih teman – teman leastric terutama bro william untuk sharing – sharing pengalaman codingnya dan untuk semua yang membantu menjaga kesehatan mental saya ini.

Kita tidak akan pernah tahu kapan pandemi akan berakhir, kita juga tidak tahu kapan perekonomian ini akan kembali pulih. Namun kita tahu, saya tahu, bahwa yang bisa dilakukan adalah terus melangkah kedepan dan dan bahwa setiap tindakan kecil seperti sebuah chat ; sebuah panggilan telp bisa memiliki dampak yang luar biasa bagi orang lain di masa – masa seperti ini.

Zoom Call dengan teman – teman SD (April 2020)

Selamat berusia 28 tahun Michael Varian Sutanto. Tetap sehat, tetap waras, tetap mencoba mencari jalanmu sendiri. Suatu saat ketika pintu tertutup, pintu yang lain akan terbuka untukmu.

“Rise and rise again, until the lambs become the lions”

Robin Hood

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s