100 Days of SwiftUI – Day 1

Setiap orang diberkahi waktu yang sama yakni 24 jam sehari. Ada banyak cara untuk memanfaatkan waktu ini, mulai dari bekerja ; bermain ; beribadah ; belajar ; dan lain sebagainya. Belajar dari pengalaman selama 13 bulan menjadi pengangguran penuh dan 10 bulan menjadi pengangguran semi-terbuka, saya bisa melihat dan merasakan bahwa saya kurang memaksimalkan waktu yang ada selama kurang lebih dua tahun tersebut. Kini ketika saya sudah kembali ke dunia kerja (walau dengan suasana rumahan), saya terkadang merasa waktu 24 jam tersebut terasa kurang mengingat banyak hal yang ingin dicoba dan baru bisa dicoba berkat adanya bantuan dana dari pekerjaan tersebut.

Salah satu kegiatan yang saya rindukan dan masih memancing rasa penasaran saya saat ini adalah dunia programing. 10 bulan perjalanan di akademi, saya melihat dan merasakan betapa besarnya potensi yang bisa kita raih jika kita bisa menguasai programing. Sayangnya saat itu time management dan priority scale saya tak begitu baik sehingga banyak waktu yang terbuang percuma.

Kali ini, saya mencoba untuk mengejar ketertinggalan karena saya percaya tak pernah ada kata terlambat untuk memulai. Caranya adalah dengan mencoba menyelesaikan tantangan 100 Days of Swift UI. Dimulai dari Senin, 12 Juli 2021 kemarin saya sudah memulai satu langkah awal untuk merefresh pikiran mengenai dunia programing.

Topik Day 1 dalam 100 Days of SwiftUI membahas mengenai :

  1. Variables
  2. Strings and integers
  3. Multi-line strings
  4. Doubles and Booleans
  5. String interpolation
  6. Constants
  7. Type annotations

Bagi mereka yang terjun dalam dunia programing tentu tidak asing dengan variables (biasanya diwakilkan dengan kata var) dan constants (diwakilkan dengan kata let). Saya agak kesulitan untuk mengingat kembali bahwa multi-line string memiliki ciri-ciri diawali “””” dalam satu baris code tersendiri dan juga diakhiri dengan “”” dalam satu baris code tersendiri dan tidak boleh berdiri bersamaan dengan string yang ada. Dan saya ternyata masih sering tertukar antara type data Double dengan Boolean dimana data Double identik dengan data angka decimal dan Boolean identik dengan true and false.

Semoga dengan melakukan pencatatan secara rutin seperti ini membantu untuk menyegarkan ingatan akan coding yang sudah cukup lama terpendam dan menjadi pelita dalam perjalanan memahami SwiftUI.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s